MAKALAH
Di susun oleh :
Nama : Dhika Wahyu Trisna Putra
NIM : 2147200812
STMIK.AUB SURAKARTA
TAHUN AJARAN 2014/2015
Segala puji bagi Allah
SWT yang telah melimpahkan segala Rahmat dan Hidayah-Nya, serta shalawat dan
salam atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat dan pengikut
beliau, penulis merasa bersyukur atas tersusunnya makalah yang berjudul “Generasi Komputer Dari Awal Hingga
Sekarang” untuk memenuhi
Tugas Arsitektur Komputer I.
Pada kesempatan ini
penulis menyampaikan terima kasih kepada Dosen pembimbing yang telah bersedia
memberikan penulis waktu untuk menyelesaikan makalah ini. Makalah ini terlepas
dari kesempurnaan, akan tetapi semoga makalah ini bermanfaat.
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan dunia komputer saat ini
sudah mulai sangat berkembang. Jika pada jaman dahulu user hanya bisa
berinteraksi secara pasif dengan komputer, yaitu dengan menggunakan keyboard
dan mouse, maka saat ini semua itu telah dilewati, user dapat
berinteraksi dengan komputer dengan lebih natural. Hanya dengan menggunakan
layar monitor saja, user sudah bisa berinteraksi dengan komputer yaitu
dengan menggunakan layar sentuh dan dunia virtual. Komputer telah
diyakini banyak ahli merupakan perkembangan dari alat hitung abakus yang
ditemukan dan digunakan untuk pertama kali oleh bangsa Cina dari 2000 tahun yang
lalu. Perkembangan komputer terus berlanjut dengan ditemukannya komputer
generasi pertama yang berbasis mekanik hingga komputer generasi paling baru
yang berbasis elektronik. Komputer sendiri pada awalnya diciptakan untuk tujuan
membantu mempercepat perhitungan matematik. Generasi pertama tahun 1951
komputer modern UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) dibuat tanpa alat
pendukung visual, yaitu monitor.
1.2. Rumusan Masalah
Aplikasi Komputer dengan obyek tiga
dimensi yang realistis terkesan sangat kuno dan tidak memiliki tantangan karena
obyek tiga dimensi yang digunakan akan terlihat sama dengan obyek di dunia
nyata.
1.3. Tujuan Penulisan
a. Untuk menciptakan sebuah aplikasi Augmented Reality
(AR) dengan teknik Non-Photorealism rendering (NPR) berupa animasi
model tiga dimensi yang digunakan untuk game dan animasi.
b. Menerapkan parameter specular, smooth, size, edge menggunakan
logika Fuzzy metode Mamdani pada aplikasi Augmented Reality (AR) untuk
medapatkan perubahan shading dari Normal menjadi Cell Shading.
BAB II
PEMBAHASAN
1.2 Pengertian Komputer
1. Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah
dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan perhitungan
aritmatika, dengan
atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya,
pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang
tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu
peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja
sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi
berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah
meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg
pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai
pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print
out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide
rule, jenis kalkulator
mekanik mulai
dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti
"komputer" adalah "yang memproses
informasi"
atau "sistem pengolah
informasi."Saat
ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil,
secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5
generasi dalam sejarah komputer.[1][1]
2.2 Generasi Komputer
Mendefinisikan generasi computer
setelah generasi ke-IV adalah bukan hal
yang mudah,mengingat terlalu belianya usia periodisasi dari perkembangan
computer tersebut, Berikut periodesasi computer setelah periode ke-IV, antara
lain:[2][2]
1. Generasi Pertama (1942-1958)
Dengan terjadinya Perang Dunia
Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan
komputer untuk Mengeksploit potensi strategis Yang Dimiliki komputer. Hal ini
meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik
komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun
sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan
kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah
kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang
digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi
perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan
merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain
untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga
kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu
menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur
Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik
untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki
dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic
Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai
elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen
mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik
untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat
diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan
persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic
Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara
pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000
tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut
merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995)
dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general
purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957)
bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep
desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik
komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer
(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program
ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat
dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von
Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi
komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC
I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi
komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann
tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric
memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah
keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam
pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa
instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap
komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer
sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi
pertama adalah penggunaan tube
vakum (yang
membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder
magnetik untuk
penyimpanan data.
2. Generasi Kedua (1958-1963)
Pada tahun 1948, penemuan transistor
sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di
televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang
drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada
tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat
diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama
yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat
superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.
Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat
menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh
peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk
kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua
LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di
Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development
Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin
dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan
singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua
yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya
menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat
diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket,
memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401
yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh
bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk
memprosesinformasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa
pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer.
Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan
bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen
dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa
bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented
Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa
pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat,
dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini
memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam
karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer).
Industr piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer
generasi kedua ini.
3. Generasi Ketiga (1963-1971)
Walaupun transistor dalam banyak hal
mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar,
yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa
(quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas
Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit)
pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah
piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil
memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang
disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
4. Generasi Keempat (1971-1993)
Setelah IC, tujuan pengembangan
menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.
Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.
Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam
sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah
tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen
dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong
turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja,
efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun
1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah
komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam
sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu
tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi
dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak
lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi,
dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan
mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa
untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi
perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun
1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.
Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti
lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling
populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal
1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer
rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal
Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang
digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada
tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan
evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas
meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas
(laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan
pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem
grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang
berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible
dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV
(Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua
masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat
kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring
dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat
dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori,
piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan
yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk
kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan
perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel
telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
5. Generasi Kelima (1993-2000)
Mendefinisikan komputer generasi
kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh
imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel
karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh
fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan
buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar
dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari
kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa
komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.
Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini
tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang
diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung
pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara
langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang
semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa
yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model
non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu
mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain
adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada
hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam
sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute
for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak
kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi
lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa
perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
6. Generasi Keenam (2001-2007)
Generasike-VI ini biasa kita sebut
dengan generasi millennium, dimana perkembangan dari setiap lini kehidupan
dunia kesemuanya digalakkan, tak terkecuali dunia elektronik (computer). Pada
masa ini, computer sudah menjadi sahabat setia hidup manusia, tak hanya
perkantoran dan industry saja yang menggunakannya, namun lebih dari itu, hamper
setiap rumah sudah memiliki alat tersebut.Dengan kondisi itu, perusahaan
computer pun terus menyajikan program-program barucanggih yang belum ada
sebelumnya.Tampak pada bentuk computer yang semakin kecil (notebook, laptop,
dll), juga program yang semakin memanjakan manusia, serta maraknya transaksi
internet,. Pada masaini, computer sudah beroperasi dalam banyak kebutuhan
manusia, tak hanya perhitungan, pengolahan data, transaksi perbankkan, atau
transaksi jual beli saja, lebih dari itu, disajikan pula layanan hubungan
social seperti munculnya program jejaring social yang mempermudah hubungan
jarak jauh menggunakan computer (seperti facebook, twitter, dll)
7. Generasi Ketujuh (2007-sekarang)
Pada periode terakhir ini,
perusahaan-perusahaan computer terus memproklamirkan diri, bahwa computer tidak
hanya apa yang selama ini mereka berikan (serving). Terbukti melalui
dimunculkan nya program computer yang sangat membantu kinerja manusia di setiap
kehidupan.Sebagi contoh, meningkatnya perusahaan Microsoft (dari microsof 2003
menjadi Mx. 2007 dan sekarang Mx. 2010), adanya program design (Adobe yang
selalu update, Corel Draw 11, 12, X3 dan X4, dll), perusahaan intel (Pentium IV
menjadi CORE i3, CORE i5, dan yang kini terbaru CORE i7). Pada setiap jenjang
peningkatan tersebut selalu ada saja penambahan fasilitas, kwalitas dan
kwantitas dari pemanfa’atan computer bagi manusia. Satu hal yang patut
dibanggakan pada masa ini, adalah ditemukannya computer yang mampu dioperasikan
melalui nalar dan sesuai pemikiran manusia, namun harus tetap disambungkan
menggunakan kabel-kabel khusus yang dipusatkan pada otakuser-nya.Dan satu lagi,
kecanggihan computer saat ini juga terletak pada modifikasi layar monitor yang
berbentuk meja kaca, atau kah berupa potongan-potongan yang dapat tetap
menampilkan gambar sekali puter letak pada posisi yang tak beraturan. Betapa
cepatnya perkembangan computer yang belum genap satu abad ditemukan.Dan Sungguh
luar biasa (amazing) zaman yang kita alami sekarang.[3][3]
2.3 CIRI-CIRI GENERASI KOMPUTER
1. Ciri Komputer Generasi Pertama
Komputer generasi pertama mempunyai
ciri-ciri sebagai berikut
- Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
- Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
- Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
- Cepat panas.
- Proses kurang cepat.
- Kapasitas penyimpanan kecil.
- Memerlukan dya listrik yang besar.
- Orientasi pada aplikasi bisnis.
Komputer
generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
- Sirkutinya berupa transistor.
- Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
- Kapasitas memori utama sudah cukup besar
- Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
- Proses operasi sudah cepat
- Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
- berorientasi pada bisnis dan teknik
3. Ciri
Komputer Generasi Ketiga
Komputer generasi ketiga mempunyai
ciri-ciri sebagai berikut :
- Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits).
- Peningkatan dari softwarenya.
- Pemrosesan lebh cepat.
- Kapasitas memori lebih besar.
- Penggunaan listrik lebih hemat.
- Bentuk fisik lebih kecil.
- Harga semakin murah.
4. Ciri Komputer Generasi Keempat
Komputer generasi keempat mempunyai
ciri-ciri sebagai berikut:
- Menggunakan Large Scale Integration (LSI)
- Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
5. Ciri Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima sedang
dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale
Integration) [4][4]
Komputer pada
generasi ini akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa
manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang
lebih akurat, dsb.[5][5]
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah
dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan perhitungan
aritmatika, dengan
atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya,
pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang
tidak berhubungan dengan matematika.
Dengan terjadinya Perang Dunia
Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan
komputer untuk Mengeksploit potensi strategis Yang Dimiliki komputer. Hal ini
meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik
komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun
sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.Pihak
sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer.
Komputer generasi kedua menggantikan
bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang
menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Walaupun
transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor
menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan
masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan
sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958.
Yang pada dasarnya perkembangan
generasi computer sangatlah penting bagi kehidupan umat manusia dengan
bertambah canggihnya computer pada setiap generasi membuat manusia mengalami
kemudahan dalam menjalankan pekerjaan dalam teknologi informasi dan komunikasi.
3.2
Saran
Setelah membaca dan memahami isi makalah
ini, diharapkan semua mahasiswa tahu tentang sejarah komputer dan semakin
meningkatkan pengetahuan tentang komputer, agar kita bisa mengikuti
perkembangan zaman yang semakin modern ini, dan diharapkan kita bisa
memanfaatkannya ke arah yang positif.
DAFTAR PUSTAKA
·
Fatansyah,
Ir, Buku Teks Ilmu Komputer Basis Data, Informatika, Bandung,1999
·
Firdaus.
Pemrograman Database dengan Visual Basic 6.0 untuk Orang Awam,Palembang : Maxikom, 2005
·
Kadir,
Abdul, Konsep & Tuntunan Praktis Basis Data, Percetakan AndiOffset,Yogyakarta, 1999
·
Jogiyanto,
H.M.. Analisis &Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Edisi Pertama.
Yogyakarta : Andi Offset,1990
·
Mcleod,
Raymond. Sistem Informasi Manajemen, Edisi Ketujuh. Jakarta : PTPrenhallindo, 2001
·
MADCOMS.
Seri Panduan Pemrograman: Aplikasi Database Visual Basicdengan Crystal Report, Edisi I, Yogyakarta
: Andi Offset, 2003
·
Permana
Budi. 36 Jam Belajar computer Microsoft Access 2003, EdisiPertama Jakarta PT. Elex Media Komputindo, 2005
·
Riyanto
Tosin dan Hokki Puji Haryadi, Cara Mudah Belajar Access 97,Penerbit Dimastindo, 1997
·
Waljiyanto.
Sistem Basis Data : Analisis dan Pemodelan Data, Edisi Pertama,Yogyakarta : J&J Learning, 2000
·
http://nanamulyadimdf.blogspot.com/2012/05/makalah-generasi-komputer.html.MAKALAH GENERASI KOMPUTER, (Di akses
12 Oktober 2014)


Tidak ada komentar:
Posting Komentar