Analisis / Analisa Use Case - Just A Dreams

Latest

Thanks For Attention My Blog :) Welcome To My Blog :)

Sabtu, 05 Agustus 2017

Analisis / Analisa Use Case




Analisis Use Case

Use case adalah metode berbasis teks untuk menggambarkan dan mendokumentasikan proses yang kompleks. Use case menambahkan detail untuk requirement yang telah dituliskan pada definisi sistem requirement. Use case dikembangkan oleh sistem analis bersama-sama dengan user. Pada tahapan selanjutnya berdasarkan use case ini analis menyusun model data dan model proses.

Peranan Use case
Semua kemungkinan tanggapan terhadap suatu kejadian didokumentasikan. Use case sangat berguna ketika situasi yang dianalisis sangat kompleks. Sebuah use terdiri dari elemen-elemen sebagai berikut:
  1. Informasi Dasar
    1. Nama, jumlah dan deskripsi singkat
    2. Trigger-kejadian yang menyebabkab adanya usecase
    3. Eksternal trigger:  trigger yang berasal dari luar sistem
    4. Temporal Trigger: kejadian yang berbasis waktu   
    5. Sudut pandang use case harus konsisten
  2. Input-output utama
    1. Asal dan tujuan
    2. Tujuan harus lengkap dan komprehensif
  3. Detail
    1. Harus ada detail  dari langkah-langkah yang harus dilakukan berikut data masukan dan keluarannya.




Contoh sebuah use case:

Nama Skenario : pasien membuat, membatalkan dan mengubah perjanjian pertemuan
No id: 1
Deskripsi pendek :  menjelaskan bagaimana seorang pasien membuat perjanjian pertemuan dengan dokter, mengubah jadwal pertemuan dan menbatalkan perjanjian
Trigger : pasien melakukan panggilan telepon untuk membatalkan atau  mengubah jam pertemuan
Type      : eksternal    temporal
Input Utama :
Output Utama :
Deskripsi
Sumber
Deskripsi
Tujuan
Nama Pasien
Pasien
Perjanjian pertemuan
Perjanjian pertemuan
Perjanjian yg diinginkan
Pasien
Perjanjian pertemuan
Pasien
Perjanjian yang akan diubah/dibatalkan
Pasien
Perjanjian pertemuan yang mungkin
Pasien
Informasi pasien
Database Pasien


Jadwal Pertemuan yang tersedia
Database Jadwal pertemuan


Langkah-langkah utama :
Informasi untuk langkah-langkah
1. Jika yang dilakukan adalah perubahan atau pembatalan,  cari jadwal pertemuan pada file jadwal pertemuan
Nama pasien (input langkah 1)

Perjanjian yang akan diubah/dibatalkan  (input langkah 1)

Perjanjian yang telah diperbaiki (output langkah 1)
2. Pastikan pelaku perubahan atau pembatalan adalah pasien yang benar dan tidak punya tunggakan tagihan. Jika ternyata pasien baru lakukan ”penambahan pasien baru” sebelum melnajutkan ke proses berikutnya. Jika pasien belum membayar pindahkan panggilan ke bagian keuangan.
Nama Pasien (input langkah 2)
               

3. Cari waktu-waktu yang memungkinkan untuk pertemuan dan ajukan ke pasien. Hal ini bisa dilakukan sampai pasien mendapatkan waktu pertemuan yang paling cocok
Waktu yang tersedia (input langkah 3)

Waktu yang memungkinkan (output langkah 3)
          



4. Pasien memilih waktu yang tepat untuk pertemuan
Waktu yang diinginkan (input langkah 4)



Waktu pertemuan (output langkah 4)











Proses pengembangan Use Case

  1. Identifikasi use case utama
  2. Identifikasi setiap langkah dalam setiap use case
  3. Identifikasi elemen-elemen dalam setiap langkah
  4. Konfirmasikan use case
  5. Ulangi langkah-langkah diatas secata iteratif



Langkah 1: Identifikasi use case utama

Aktifitas
Pertanyaan tipikal yang diajukan

Mulailah sebuah form use case dari setiap use case

Jika lebih dari 9
kelompokkan dalam paket-paket



Tanyakan who, what dan where tentang tugas dan input/output mereka:
  • Tugas utama apa yang dilakukan?
  • Trigger apa yang memicu tugas ini?
  • Informasi/form/laporan apa yang diperlukan untuk melakukan tugas ini?
  • Siapa yang memberi informasi/form/laporan ini?
  • Informasi apa yang dihasilkan dan pergi ke mana informasi tersebut?



Langkah 2: Identifikasi setiap langkah dalam setiap use case

Aktifitas
Pertanyaan tipikal yang diajukan

Untuk setiap use case, masukkan langkah-langkah utama untuk memproses input dan menghasilkan output


Menanyakan
”how” tentang setiap use case:
  • Bagaimana anda memproduksi laporan?
  • Bagaimana informasi berubah pada laporan? o you process forms?
  • Tool apa yang dilakukan pada langkah ini?


Langkah 3: Identifikasi elemen-elemen dalam setiap langkah
Aktifitas
Pertanyaan tipikal yang diajukan

Untuk setiap langkah, identifikasi setiap langkah, input dan outputnya


Tanyakan How tentang setiap langkah ini:
·        Bagaimana orang mengetahui kapan melakukan langkah ini?
·        Laporan/form apa yang dihasilkan dari langkah ini?
·        Laporan/form apa yang dibutuhkan langkah ini?
  • Apa yang terjadi jika laporan/form ini tidak ada?



Langkah 4: Konfirmasikan use case
Aktifitas
Pertanyaan tipikal yang diajukan

Untuk setiap langkah, validasi bahwa semuanya lengkap dan benar

Minta user untuk mengeksekusi proses-proses yang tertulis dalam use case.



Berikut ini contoh use case yang diterapkan pada proses pemilihan CD pada sebuah rental CD:
Hasil langkah 1
Disini ditemukan 3 skenario, sehingga dibuat 3 buah  use case

Use case 1
Nama Skenario : Ambil permintaan untuk CD
No id: 1
Deskripsi pendek :  Skenario ini dilakukan untuk pelanggan yang melakukan pencarian melalui website dan melakukan pemesanan CD  pada stok atau permintaan khusus lainnya
Trigger :  pelanggan melakukan searching via website dan melakukan pemesanan CD
Type      : eksternal    temporal
Input Utama :
Output Utama :
Deskripsi
Sumber
Deskripsi
Tujuan
Search request
pelanggan
Pesanan khusus
Database pesanan khusus
Cd yang dipesan
pelanggan
CD yang sudah dipesan
Database CD yang sudah dipesan
Informasi pelanggan
pelanggan


Informasi pemasaran
Database pemasaran






Langkah-langkah utama :
Informasi untuk langkah-langkah















 Use case 2
Nama Skenario : Pemeliharaan material pemasaran
No id: 2
Deskripsi pendek :  Menambah, menghapus dan memodifikasi informasi tambahan dari vendor (review, klip musik, trailler dll)
Trigger : material dari vendor, retailer, wholesaler, perusahaan rekaman
Type      : eksternal    temporal
Input Utama :
Output Utama :
Deskripsi
Sumber
Deskripsi
Tujuan
Material pemasaran
Vendor
Material Pemasaran
Database pemasaran
















Langkah-langkah utama :
Informasi untuk langkah-langkah

































Use case 3
Nama Skenario : Pencatatan CD yang diorder
No id: 3
Deskripsi pendek :  Skenario ini untuk melakukan pencatatan terhadap CD yang telah dipesan oleh pelanggan melalui pemesanan online
Trigger : request dari use case
Type      : eksternal    temporal
Input Utama :
Output Utama :
Deskripsi
Sumber
Deskripsi
Tujuan
CD dipesan
Use case no 1
Judul dipesan
Staff toko
















Langkah-langkah utama :
Informasi untuk langkah-langkah

































Hasil Langkah 2:
Dari langkah 1, masing –masing use case harus diperinci lagi, disini diberikan rincian untuk use case 1

Nama Skenario : Ambil permintaan untuk CD
No id: 1
Deskripsi pendek :  Skenario ini dilakukan untuk pelanggan yang melakukan pencarian melalui website dan melakukan pemesanan CD  pada stok atau permintaan khusus lainnya
Trigger :  pelanggan melakukan searching via website dan melakukan pemesanan CD
Type      : eksternal    temporal
Input Utama :
Output Utama :
Deskripsi
Sumber
Deskripsi
Tujuan
Search request
pelanggan
Pesanan khusus
Database pesanan khusus
Cd yang dipesan
pelanggan
CD yang sudah dipesan
Database CD yang sudah dipesan
Informasi pelanggan
pelanggan


Informasi pemasaran
Database pemasaran






Langkah-langkah utama :
Informasi untuk langkah-langkah
1. Cari CD yang sesuai dengan pesanan pelanggan, pencarian bisa berdasar judul, artis, kategori dll

2. Sediakan informasi tentang sebuah CD. Bisa juga ditambahkan material pemasaran tambahan misalnya klip musik, review dan lain-lain

3. Cari toko terdekat dengan pelanggan yang memesan CD tadi

4. Pelanggan memesan salah satu Cd atau pemesanan khusus lainnya

5.Pelanggan melakukan check out untuk melmastikan peminjaman, dan memberikan nama dan informasi kontak lainnya

6. Simpan CD pada stok yang sudah dipesan 

7. Simpan permintaan khusus yang belum ada pada stok












Hasil langkah 3:
Dari langkah 2 , use case lebih diperinci lagi dengan menambahkan informasi yang menjadi i9nput maupun output dari langkah-langkah yang ada pada langkah 2

Nama Skenario : Ambil permintaan untuk CD
No id: 1
Deskripsi pendek :  Skenario ini dilakukan untuk pelanggan yang melakukan pencarian melalui website dan melakukan pemesanan CD  pada stok atau permintaan khusus lainnya
Trigger :  pelanggan melakukan searching via website dan melakukan pemesanan CD
Type      : eksternal    temporal
Input Utama :
Output Utama :
Deskripsi
Sumber
Deskripsi
Tujuan
Search request
pelanggan
Pesanan khusus
Database pesanan khusus
Cd yang dipesan
pelanggan
CD yang sudah dipesan
Database CD yang sudah dipesan
Informasi pelanggan
pelanggan


Informasi pemasaran
Database pemasaran






Langkah-langkah utama :
Informasi untuk langkah-langkah
1. Cari CD yang sesuai dengan pesanan pelanggan, pencarian bisa berdasar judul, artis, kategori dll
Input : Search request

Output: Cd yang sesuai dengan search reuest

2. Sediakan informasi tentang sebuah CD. Bisa juga ditambahkan material pemasaran tambahan misalnya klip musik, review dan lain-lain
Input : Informasi CD yang diminta

Output:  Informasi CD dan material pemasaran
3. Cari toko terdekat dengan pelanggan yang memesan CD tadi
Input : kode toko
Output: ketersediaan CD pada toko tersebut
4. Pelanggan memesan salah satu Cd atau pemesanan khusus lainnya




Input : Cd sesuai permintaan

Output: Cd sesuai permintaan
5.Pelanggan melakukan check out untuk melmastikan peminjaman, dan memberikan nama dan informasi kontak lainnya

Input : informasi pelanggan



Output: Cd sesuai permintaan

6. Simpan CD pada stok yang sudah dipesan 

Output : CD yang dipesan
7. Simpan permintaan khusus yang belum ada pada stok

Output: pesanan khusus







Langkah 4
Tinggal mengkonfirmasikan dan melakukan pengecekan ulang terhadap langkah-langkah yang ada pada use case untuk kesempurnaan use case. Jika sudah benar maka hasil langkah 3 tidak perlu dirubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar